Menu Atas

Cara Memunculkan Maintenance Printer di Windows 10 Dengan Mudah

Bloglist - Cara Memunculkan Maintenance Printer di Windows 10 Dengan Mudah. Setiap permasalahan yang terjadi pada Printer bisa Anda cek lewat menu maintenance, namun kadang ada juga yang kebingungan karena menu tersebut tidak ada. Namun Anda tidak perlu panik, cara memunculkan maintenance printer di Windows 10 sangatlah mudah. Perlu Anda ketahui bahwa menu maintenance adalah menu yang digunakan untuk melakukan segala proses pemeliharaan printer. Lewat menu ini Anda bisa melakukan berbagai perbaikan pada mesin printer yang error.

cara-memunculkan-maintenance-printer-di-windows-10-dengan-mudah

Tentu akan menjadi masalah jika menu tersebut tidak bisa Anda temukan, biasanya hal ini terjadi pada device atau Laptop PC yang baru pertama kali terhubung dengan printer. Dalam hal ini menu maintenance hilang di Windows 10 sering terjadi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial dan tips cara untuk memunculkan menu maintenance pada Windows 10 dengan mudah.  


Sebelumnya, Anda bisa menemukan mode maintenance ini di properties dengan membuka halaman Device and Printer > Klik Device Printer > Pilih Properties > Disini Anda bisa menemukan tab maintenance. Namun dalam beberapa kasus, mode atau menu maintenance ini tidak ada atau hilang. Terus bagaimanakah cara mengatasi atau memunculkan kembali menu tersebut? Sebelum itu Anda harus tahu alasan kenapa menu tersebut tidak muncul.


Penyebab Menu Maintenance Tidak Muncul Pada Windows 10

Menu maintenance ini tidak akan bisa Anda temukan di Laptop atau PC baru yang tersambung ke printer tersebut. Hal in karena Laptop atau PC tersebut belum menginstal program secara manual sesuai jenis driver printer tersebut. 


Di beberapa jenis Windows tertentu, ketika Laptop dihubungkan dengan printer, driver akan secara otomatis terinstal lewat driver basic bawaan dari Windows sebagai sistem operasi dari Laptop atau PC yang digunakan. 


Jadi tanpa menggunakan CD Driver, printer sudah bisa digunakan lewat Laptop tersebut. Namun ada juga Laptop atau PC yang harus menginstall drivernya secara manual supaya menu maintenance bisa muncul dan Anda bisa memakai printer tersebut.


Cara Memunculkan Menu Maintenance di Windows 10

Nah cara memunculkan maintenance printer di Windows 10 tidaklah susah, Anda hanya perlu menginstal driver yang diperlukan. Seringkali para pengguna Windows 10 tidak memerhatikan bahwa menu tersebut hilang karena mereka sudah bisa menggunakan printer dengan normal.


Padahal sebenarnya jika Anda cek, menu maintenance tidak bisa Anda temukan. Karena halaman ini tidak ada, maka ketika terjadi error pada printer mereka akan kebingungan dan baru cari tahu bagaimana cara memunculkannya. Dengan begitu, cara paling ampuh mengatasi menu maintenance yang tidak muncul pada Windows 10 yaitu dengan install ulang driver yang sesuai dengan jenis printer agar semua masalah bisa teratasi.


Supaya tidak terjadi kesalahan, pastikan Anda memakai CD Driver bawaan printer. Namun jika driver tersebut hilang, Anda bisa download di situs resmi dari printer tersebut. Setelah Anda bisa menginstalnya secara manual dan menu tersebut akan muncul. Mode maintenance di setiap printer berbeda-beda, namun fitur yang ada pada menu tersebut biasanya sama. Dengan adanya menu ini Anda bisa memelihara printer dengan lebih maksimal.


Beberapa Poin Fungsi Menu Maintenance

Nah berikut ini adalah fungsi dari menu maintenance printer Epson:

- Nozzle Check, digunakan untuk mengecek kondisi dari print head.

- Head Cleaning, digunakan untuk mengatasi masalah hasil cetakan yang bergaris-garis.

- Head Alignment, digunakan untuk mengecek hasil cetakan tidak rapi, contohnya huruf yang miring.

- Paper Guide Cleaning, berisi panduan cara membersihkan kertas.

- Epson Status Monitor 3, digunakan untuk mengecek banyak tinta yang ada di cartridge.


Akhir Kata

Nah itulah tadi tutorial cara memunculkan maintenance printer Windows 10 yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu Anda memunculkan mode maintenance pada printer Anda.

Komentar

Tampilkan