Menu Atas

Cara Main Game Android Di PC Dan Laptop: Dengan Dan Tanpa Emulator!

Bermain game kini tidak hanya berguna untuk menghabiskan waktu dan menguras rasa bosan. Di zaman sekarang, main game juga bisa jadi alternatif untuk mencari uang.

Caranya adalah dengan menyiarkannya secara live di Facebook Gaming, Twitch, Nimo TV, lewat software OBS; atau upload video rekaman ke Youtube, dll.

Kami melihat perubahan yang cukup signifikan di sini. Kalau kalian rajin memperhatikan, sekarang itu yang banyak disiarkan dan banyak penontonnya adalah game mobile. Alasannya mungkin karena perangkatnya cukup terjangkau untuk dibeli.

Cukup pakai HP 1 jutaan kalian sudah bisa main game mobile dan menyiarkannya secara live. Berbeda halnya dengan game PC yang membutuhkan resource dan modal yang lumayan gede.

Terlepas daripada itu, buat kalian yang memang berencana untuk live streaming game tapi terkendala pengetahuan, kami akan bahas step by stepnya di artikel ini: cara live streaming game di Facebook.

Secara khusus di artikel ini kami hanya akan bahas tentang cara main game android di PC atau laptop.

Langsung saja.

Cara Main Game Android di PC atau Laptop

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk bermain game mobile di PC, yaitu pakai emulator dan tanpa emulator. Menurut kami, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk yang punya resource lebih sih mending pake emulator. Tapi kalau resource kalian terbatas, kami sarankan pakai software mirroring android saja. Kami sudah tes dan hasilnya hampir sama. Tentunya ini karena kami pakai software mirroring-yang menurut kami- terbaik. Penasaran? Dibaca sampai tuntas ya!

1. Cara main game android di PC atau laptop pakai emulator

Yang pertama pakai emulator android. Caranya …

1. Download dan install emulator android di PC (baca: daftar emulator android terbaik).
2. Login ke email atau buat email baru di emulator tersebut.
3. Install game yang diinginkan.
4. Bermain.
5. Selesai.
Cukup simpel alias tidak ribet. Hanya saja memang ukuran emulator androidnya besar-besar.

2. Cara main game android di PC atau laptop tanpa emulator

Ada cara lain yang bisa kalian coba, yaitu dengan menghubungkan layar android ke PC atau laptop kalian. Caranya …

- Install aplikasi mirroring android di PC kalian. Bisa ApowerMirror, Vysor, AirDroid, dll. Tapi kami sarankan pakai scrcpy karena size programnya hanya 30 MB. Ditambah kalian tidak perlu install aplikasi tambahan di androidnya (baca: cara install scrcpy).
- Pastikan USB debugging telah aktif di menu opsi pengembang. (baca: cara aktifkan USB debugging).
- Hubungkan smartphone kalian ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
- Buka scrcpy.exe yang sudah kalian download tadi.
- Layar android kalian secara otomatis akan tampil di PC.
- Mainkan game.
- Selesai.
Saat ini, menurut kami, cara kedua inilah yang terbaik. Selain hemat resource, hasilnya juga lumayan; delaynya tidak lama, FPS cenderung stabil, warna real, dll. Silakan saja dicoba.

Sekalian Direkam?

Katakanlah alasan kalian ingin main game android di PC itu adalah untuk keperluan konten youtube gaming. Jadi mesti direkam dong.

Untuk merekam layar PC, kalian bisa pakai software OBS atau camtasia screen recording. Atau kalau mau lebih wush wush tanpa delay dan lag, bisa pakai perangkat yang namanya Elgato. Tutorialnya bisa kalian baca di artikel cara streaming dan recording game ya.

FAQ Cara Main Game Android di PC-Laptop

Bagaimana cara main game Android di PC-laptop?

Bisa dengan emulator atau dengan aplikasi screen mirroring.

Jika melakukan screen mirroring, apa saja peralatan yang diperlukan?

Kabel USB dan kabel AUX (opsional).

Bagaimana cara merekam game Android di PC-laptop?

Bisa menggunakan software OBS, Camtasia, atau software perekam layar lain.

Akhir Kata

Demikian. Itulah 2 cara main game Android di PC-laptop bagi kalian yang belum tahu. Kami cukupkan dulu untuk artikel ini. Silakan dibaca artikel pelengkapnya agar hasilnya maksimal. Maaf gaes kalau dipisah-pisah, maksud hati ingin rapi. He he.

Komentar

Tampilkan